PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENGENDALI SWITCHING PADA KENDARAAN HYBRID RODA DUA

Pengembangan Teknologi Pengendali Switching pada Kendaraan Hybrid Roda Dua

Abstrak
Sistem hybrid pada kendaraan roda dua adalah suatu sistem yang menggunakan dua atau
lebih sumber tenaga penggerak.Pada tesis ini penulis akan mengembangkan sebuah
prototipe pengembangan teknologi hybrid pada kendaraan roda dua dengan menggunakan
mesin Yamaha Nouvo 110 cc dan motor listrik 48 Volt dc 12 Ampere. Sistem hybrid yang
dirancang akan dikembangkan menjadi suatu sistem full hybrid sehingga pemindahan daya
bekerja secara otomatis sesuai dengan kecepatan dengan mendesain suatu sistem
pengendalian yang terintegrasi antara komponen-komponen hybrid dengan pengendalinya
yang menggunakan suatu mikrokontroler yang berbasis program pengendali logic (Logic
Control Programming). Hasil pengujian didapatkan penggunaan tenaga pengerak motor
listrik terjadi pada kecepatan 0 – 30 km/jam dan diatas 50 km/jam. Sedangkan pengunaan
tenaga ,pengerak engine terjadi pada kecepatan antara 30 – 50 km/jam. Dengan demikian
terjadi penurunan tingkat konsumsi bahan bakar pada kecepatan dibawah 30 km/jam dan
diatas 50 km/jam.
Kata kunci : Hybrid, Motor listrik, Logic Control Programming

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s