Khasiat Buah Naga

naga 1

Buah Naga merupakan buah yang cukup popolur di negeri ini. Buah yang bagi masyarakat Tionghoa sebagai buah pembawa berkah ini memang memiliki rasa yang unik dan menyegarkan. Bukan hanya soal rasa, buah yang juga memiliki nama latin pitaya ini juga memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat buah naga bagi kita.
1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada buah ini sangat baik bagi menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Mengkonsumsi buah ini secara teratur sangat baik bagi para manula untuk mencegah dari osteoporosis dan juga tulang keropos.

2. Mencegah diabetes melitus

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil.

3. Menghambat penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga membantu menjaga tubuh kita dari radikal bebas, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Zat anti oksidan yang dimiliki buah naga dipercaya sama tingginya dengan zat antioksidan yang terkandung pada buah apel.

4. Mencegah Kanker

Sama seperti manfaat kulit manggis dan manfaat daun sirsak, buah naga juga dapat mengatasi dan mencegah terjadinya kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang terkandung bagi buah ini, bila dikonsumsi secara teratur mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Menghaluskan kulit wajah

Menurut Prof. Dr. Muhammad Yusuf, ahli pengobatan tradisional China, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya menghaluskan kulit wajah sehingga tampil lebih cantik

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit kita.

8. Meningkatkan nafsu makan

Bila memiliki balita yang susah makan, maka mengkonsumsi buah naga dipercaya bisa menaikan nafsu makan. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terkandung vitamin b1 dan b2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.

9. Kulit buah naga

Manfaat dari tumbuhan ini bukan hanya terletak pada buahnya saja. Tapi ekstrak daun dan kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.
Tips Memilih Buah Naga :

  1. Periksa kulit luar buah naga. Buah naga memiliki warna pink yang cerah dan mulus. Jika ada noda-noda kotor, memar, atau bekas pisau, sebaiknya dihindari. Carilah buah naga yang warnanya merata.
  2. Sentuh batah buah naga. Batang yang empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang.
  3. Periksa juga daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga. Mereka pun harus berwarna cerah tanpa ada warna kecoklatan pada ujung-ujungnya.
  4. Seperti buah alpukat atau buah mangga, buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan dagingnya. Tekan jari Anda ke dalam kulit buah naga, jika terlampau keras berarti buah itu belum matang.
  5. Cium aroma buah naga. Jika Anda mencium aroma tropis yang ringan artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan manis.
  6. Tempatkan buah naga yang sudah Anda beli pada suhu kamar untuk memastikan kematangannya. Buah yang matang biasanya berwarna merah muda/pink. Setelah itu, Anda bisa menyimpan buah naga yang sudah matang di dalam kulkas selama lima hari.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s