Magnesium Bikin Otak Lebih Encer

Tim peneliti di Cina menemukan tikus yang diberi dosis esktra senyawa magnesium baru terbukti memiliki daya ingat jangka pendek, panjang maupun kemampuan belajar yang lebih baik.
“Kami menemukan peningkatan kadar magnesium di otak membimbing kepada penguatan daya ingat spasial dan asosiatif baik pada tikus belia maupun tua,” kata Guosong Liu, Direktur Pusat untuk Daya Ingat dan Pembelajaran di Universitas Tsinghua, Beijing.

Liu sadar kalau temuan baru berlaku pada tikus. Masih ada uji berikutnya pada manusia untuk memastikan apakah efek yang sama juga bisa terjadi. Uji klinis sangat penting karena meski tikus memiliki fungsi otak yang sama dengan manusia, hasil uji pada hewan tidak selalu memprediksi secara tepat apa yang terjadi jika dilakukan pada manusia.

Magnesium sudah lebih dulu terbukti mampu menigkatkan kerja otak dalam studi menggunakan sel otak dalam laboratorium. Tapi senyawa yang baru, magnesium-L-threonate (MgT), diuji langsung pada tikus dan disimpulkan efektif.

“Jika MgT nantinya terbukti aman dan efektif di manusia, hasil studi ini akan berdampak besar untuk kesehatan publik,” ujar Liu yang memuat hasil studinya itu dalam jurnal Neuron terbaru.
Magnesium adalah unsur penting yang bisa ditemukan dalam beberapa jenis buah, buncis dan sayur berdaun gelap. Unsur ini berguna untuk sistem kekebalan tubuh. Coba saja mengkonsumsinya kurang dari 400 miligram per hari dan Anda akan berisiko terhadap penyakit alergi, asma dan serangan jantung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s