Hypertension?? Don’t be panic!

Penyakit darah tinggi memang menjadi momok bagi masyarakat umum dari dulu hingga saat ini. Bagaimana tidak, sekitar 60% penderita darah tinggi berujung pada stroke, belum lagi potensi penyakit mengerikan lainnya. Pola hidup, obesitas, faktor stress maupun faktor keturunan merupakan penyebab timbulnya hipertensi.

Tapi tak perlu takut untuk menghadapi hal tersebut. Banyak cara agar hidup tetap terasa menyenangkan meskipun darah tinggi menghantui kita. Pertama, mulailah dengan makanan. Apa yang masuk ditubuh kita, itu yang menentukan kesehatan kita.

Berikut ini makanan alami yang dapat menstabilkan tekanan darah penderita darah tinggi :

1. Tomat

Anda tidak suka makan tomat mentah? Jus saja,di-mix dengan buah lain juga boleh. etapi, porsi terbesar harus buah ini, karena di dalam tomat terdapat potasium, vitamin C dan serat, dan dalam satu mangkuk tomat terkandung 9 mg sodium saja.

Minuman ini bisa jadi diet sodium yang sehat karena kebutuhan Anda akan sodium tetap terpenuhi tapi dalam jumlah yang minimal. Tentu tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda. Sebisa mungkin pilihlah tomat segar untuk dijus, karena tomat olahan yang dijual di supermarket sering kali mengandung sodium yang lumayan tinggi.

2. Seledri

eledri digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi sebenarnya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Dan baru-baru ini penelitian telah membutktikan  bahwa minum jus seledri setiap hari selama satu pekan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Hal ini didukung oleh tingginya kalium, mineral dan antioksidan yang terdapat dalam selederi. Seledri juga diketahui mengandung senyawa 3-n-butil-phthalide yang bermanfaat untuk merenggangkan dan melebarkan  otot-otot dinding arteri, sehingga memungkinkan darah untuk mengalir lebih bebas. Pthalides juga diyakini ahli dapat mengurangi hormon stres,  yang bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut.

3. Bawang Putih

Menggunakan bahan alami bawang putih untuk menurunkan darah tinggi bukan tanpa alasan, karena Senyawa alisin yang terdapat pada bawang putih bermanfaat untuk melebarkan dan mencegah pembekuan darah, penyebab terjadinya Hipertensi. Sifat bawang putih lainnya yang baik untuk mencegah darah tinggi adalah kemampuannya menghancurkan lemak dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

4. Timun

Ketimun, adalah salah satu jenis sayuran yang paling cocok untuk dijadikan lalapan. Tapi, tahukah anda, ternyata ketimun mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi, serta berguna juga untuk mengurangi batu ginjal.

5. Blewah

Sama dengan ketimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk masalah ginjal/kandung kemih. Beberapa buah/tumbuhan yang mempunya kandungan sama dengan ketimun/blewah: peach atau persik, strawberi, raspberi, daun turnip dan wheat grass.

6. Mengkudu (Morinda citrifolia L.)

 

Mengkudu sebagai buah yang memiliki manfaat tentunya sudah banyak masyarkat umum yang sudah mengetahuinya. Manfaat yang dimilikinya adalah: menurunkan kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah

7. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.)
Dengan mengkonsumsi temu hitam ini, telah dipercaya melancarkan sirkulasi dan mencairkan gumpalan darah, menetralkan racun dalam tubuh.

8. Bawang Bombay

 

Khasiat bawang bombay hampir sama dengan bawang putih, mampu mengatasi penyakit darah tinggi.

 

Itulah beberapa jenis buah dan sayur yang dapat menyembuhkan penyakit hipertensi. Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit hipertensi, jangan pernah ragu untuk memanfaatkan buah dan sayur yang bukan hanya untuk kesehatan tubuh kita, tetapi sangat bermanfaat untuk mengatasi keluhan penmyakit darah tinggi. Dan tentunya semua buah dan sayur tersebut dapat kita peroleh dengan mudah di lingkungan sekitar kita. Terima kasih anda telah menyimak Sayur dan Buah Penyembuh Penyakit Hipertensi.

 

9. Buah Beri

Apa saja yang termasuk dalam kategori buah beri? Anda bisa sebutkan satu per satu yang Anda kenal; strawbery, blueberry, blackberry, dan raspberry. Tak hanya bentuknya yang menarik, buah beri dikenal kaya manfaat karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium. Berapa banyak potasium yang Anda butuhkan untuk mengatasi darah tinggi? Per hari setidaknya dibutuhkan 4.700 mg asupan potasium, jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang Anda butuhkan dalam sehari. Tak sulit memakan buah sebanyak itu asal Anda mengolahnya dalam bentuk jus segar. Selain potasium, buah beri juga mengandung serat dan vitamin C.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s